Jenis apartemen dan klasifikasinya menjadi sebuah informasi yang penting untuk diketahui, khususnya jika anda ingin membeli apatermen tertentu untuk kegunaan jangka panjang. Ada berbagai hal yang perlu anda rencanakan dengan baik pastinya. Namun, untuk bisa memperoleh manfaat maksimal, sangat disayangkan jika anda kurang memahami berbagai jenis apartemen dan klasifikasinya yang bisa dipilih tersebut. Dengan adanya pemahaman yang tepat, sudah pasti ada banyak keuntungan yang nantinya akan bisa anda peroleh dengan sangat mudah.  Berikut adalah ulasan tentang jenis apartemen dan klasifikasinya yang perlu anda ketahui:

1. Jenis Apatermen Berdasarkan Sistem Kepemilikan

 

Ketahui 5 Jenis Apartemen Dan Klasifikasinya

source image: unsplash.com

Yang pertama dalam jenis apartemen dan klasifikasinya tersebut adalah apatermen berdasarkan sistem kepemilikannya. Dari sini ada dua opsi yang tersedia, yakni apatermen dengan sistem sewa, kemudian yang kedua adalah apatermen dengan sistem beli. Dari sini tentu sudah cukup jelas maksud dari keduanya. Seorang penghuni yang ada di apatermen tersebut memiliki dua kemungkinan, bisa jadi dia adalah pemiliknya. Tapi bisa jadi pula bahwa dia adalah penyewanya.

2. Jenis Apatermen Berdasarkan Golongan Ekonomi

 

Ketahui 5 Jenis Apartemen Dan Klasifikasinya

source image: unsplash.com

Kedua, dalam jenis apartemen dan klasifikasinya tersebut dilihat dari golongan ekonominya. Tidak semua apatermen memiliki struktur dan elemen yang sama. Di sinilah apatermen tersebut dibagi menjadi berbagai golongan ekonomi. Ada apatermen untuk golongan bawah, golongan menengah, dan golongan atas. Tentu yang membedakan di sini bisa dilihat dari fasilitas, tampilan, desain dan lain-lain yang terdapat di dalamnya.

3. Jenis Apatermen Berdasarkan Jenis Pembiayaanya

 

Ketahui 5 Jenis Apartemen Dan Klasifikasinya

Photo by bantersnaps on Unsplash

Selanjutnya dalam jenis apartemen dan klasifikasinya tersebut ada dua jenis, yakni yang dibiayai oleh pemerintah dan yang dibiayai oleh swasta atau investor. Pembagian tersebut tentunya berpengaruh pada status kepemilikan setiap unit yang terdapat pada apatermen itu sendiri. Ada berbagai kebijakan, aturan, syarat dan ketentuan yang akan ditemukan di dalamnya. Mana yang terbaik? Jawabannya tentu saja relatif tergantung apa saja fasilitas dan kebijakan yang diimplementasikan di dalamnya.

4. Jenis Apatermen Berdasarkan Sistem Pelayanan Dan Kelengkapannya

 

Ketahui 5 Jenis Apartemen Dan Klasifikasinya

Photo by Ashwini Chaudhary on Unsplash

Untuk opsi jenis apartemen dan klasifikasinya yang berikutnya dibagi menjadi tiga kategori, yakni Service And Furnished (SF), Service And Non-Furnished (SNF), dan Non Service and Non Furnished (NSNF).  Untuk tipe SF, penghuni akan mendapatkan apatermen yang lengkap dengan perabotan. Untuk tipe SNF, penghuni akan mendapatkan apatermen tanpa perabotan di dalamnya. Untuk tipe NSNF, penghuni tidak akan mendapatkan layanan pembersihan dan tidak mendapatkan perabotan di apatermennya.

5. Jenis Apatermen Berdasarkan Arsitektural Bangunan

 

Ketahui 5 Jenis Apartemen Dan Klasifikasinya

Photo by Duncan Kidd on Unsplash

Ada beberapa hal yang menjadi poin penting dalam jenis apartemen dan klasifikasinya berdasarkan arsitektural bangunan ini. Hal tersebut mencakup ketinggian bangunan, sirkulasi horizontal, sirkulasi vertical, sistem penyusunan lantai, bentuk massa bangunan dan lain sebagainya. Semua spesifikasi tersebut jelas bisa menjadi tolak ukur atau pertimbangan penting bagi buyer sebelum memilih apatermen yang diinginkannya.

 

baca artikel menarik lainnya: Dengan Konsep Green Building Service Charge Jadi Lebih Murah?

DOWNLOAD OUR APPS

Marketing Gallery Grand Sungkono Lagoon
Jl. Abdul Wahab Siamin Kav. 9-10
Surabaya

     

Copyright 2019 PT. PP Property Tbk.
All Rights Reserved. Developed by Sosiakita

The information and image combined here just artistic and subject to change without notifications nad maybe required by the relevant authorities of developers architect and can’t form a part of an offer or contract whilst. Every care has been taken in providing this information, the owner and manager can’t be help llabel varition. Modification and substation maybe recommended by the company’s architect and/or relevant.